Contoh Dokumen Pemilihan Pengadaan Langsung Pekerjaan Konstruksi

Sejak Peraturan Menteri PUPR Nomor 7/PRT/M/2019 diterbitkan, banyak pelaku pengadaan yang mempertanyakan tentang Standar Dokumen Pemilihan untuk metode Pengadaan Langsung.  Dalam Permen PUPR tersebut memang hanya mengatur SDP untuk metode Seleksi dan Tender.

Jumlah paket Pengadaan Langsung Pekerjaan Konstruksi sangat banyak dan tidak boleh terlambat proses pengadaannya hanya karena belum adanya SDP dari Kementerian terkait. Oleha karena itu, Pejabat Pengadaan harus mempunyai inovasi merancang sendiri SDP dengan tetap mengacu pada peraturan perundang-undangan terkait.

Contoh Dokumen Pemilihan ini disusun dengan memerhatikan ketentuan dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, Peraturan LKPP Nomor 9 Tahun 2018, Peraturan Menteri PUPR Nomor 7/PRT/M/2019, serta aturan terkait lainnya. Namun demikian, Dokumen Pemilihan ini masih butuh penyempurnaan.

Bagi rekan-rekan Pejabat Pengadaan yang akan menggunakan Dokumen Pemilihan ini agar memeriksa kembali isinya dan melakukan perubahan-perubahan sesuai dengan kebutuhan. Semoga Dokumen ini bermanfaat bagi para Pelaku Pengadaan di Indonesia.

Contoh Dokumen Pemilihan Pengadaan Langsung Pekerjaan Konstruksi (unduh disini)

13 thoughts on “Contoh Dokumen Pemilihan Pengadaan Langsung Pekerjaan Konstruksi

  1. untuk Jasa Konsultansi Kontruksi bagaimana ya pak?
    modifikasi dari SDP Jasa Konsultansi dari SDP LKPP atau bagaimana?

    1. Secara resmi dari Kementerian terkait belum ada, jadi silahkan menyusun Dokumen Pemilihan untuk Pengadaan Langsung Jasa Konsultansi Konstruksi dengan tetap berpedoman pada Perpres 16/2018 dan turunananya serta Permen PUPR 07/PRT/M/2019.
      Terima kasih telah berkunjung di blog saya.

  2. Apa maksud dari hal 11 point 10.4. 2) “Apabila tidak menyampaikan perkiraan biaya penyelenggaraan keamanan dan kesehatan kerja serta Keselamatan Konstruksi maka dinyatakan gugur”. diberikan warna merah?

    Apakah ada tulisan di blog Bapak yang berisi mengenai :
    1. Perkiraan biaya penyelenggaraan K3Konstruksi;
    2. Apa itu Ahli K3 Konstruksi dan Petugas K3 Konstruksi;
    3. Berapa besaran biaya K3 Konstruksi;
    Utamanya dalam hal pengadaan langsung senilai 100jt?

    Sebelumnya terimakasih

    1. @Yosa Hendra Mawarizqa
      Point 10.4. 2) mengenai perysaratan perkiraan biaya penyelenggaraan keamanan dan kesehatan kerja serta Keselamatan Konstruksi merupakan hal yang baru dalam SDP, karena itu perlu untuk menjadi perhatian.
      Dalam blog ini belum ada tulisan mengenai hal yang ditanyakan.

      Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *